Bukan Baju Mahal, Sebaik Baik Pakaian adalah Taqwa

Memiliki atau menggunakan pakaian terbaik menjadi idaman banyak orang, apalagi untuk hari-hari terbaiknya, namun bagaimana Islam berbicara tentang pakaian? Sebagai fungsi untuk menutup aurat adalah salah satu arti penting dari pakaian menurut Islam dan pakaian takwa menjadi peran penting lainnya.

Seperti halnya pakaian, takwa pun harus menutupi seluruh tubuh untuk menjadikannya manusia yang dihimpun dalam kebaikan sebagaimana sabda Rasulullah SAW.  Maka, dalam menentukan pakaian harus disertai ketakwaan kepada Allah untuk tidak melanggar syariat yang telah diperintahkan-Nya dalam moment apa pun.

Manfaat Menjadi Orang yang Bertakwa

Segala sesuatu yang dilakukan memiliki sebab dan akibat, pun demikian manfaat orang bertaqwa seperti memperoleh rahmat Allah adalah salah satu akibat. Sebab yang baik akan menghasilkan akibat yang baik pula, nah berikut akibat baik dari seseorang yang bertakwa lebih lengkapnya:

1. Memperoleh rahmat dan karunia dari Allah SWT

Seperti yang disebutkan dalam QS Al Hadid ayat 28, bahwa siapa yang bertakwa kepada Allah akan memperoleh rahmat dari Allah. Selain itu akan ada cahaya yang menuntun ke jalan yang benar, dan juga Allah akan mengampuni semua orang yang bertakwa.

2. Mendapatkan Kemampuan untuk Membedakan Haq dan Batil

Sebagai insan yang hidup di bumi, terlebih di akhir zaman, tentu akan banyak hal-hal yang berbeda dan terlihat benar meskipun salah.  Tentulah membingungkan, karena itu dengan bertakwa, Allah beri petunjuk untuk membedakan antara yang haq dan batil meskipun ditutupi pembenaran.

3. Menambahkan Pemahaman Terhadap Petunjuk

Hidup sebagai hamba dari Allah SWT tentunya membutuhkan pedoman bagaimana seharusnya menghadapi dan menjawab beragam persoalan hidup sesuai dengan syariat. Ibarat siswa, tidak semuanya diberi kepahaman sama terhadap suatu materi, karenanya bertakwa menjadikan seseorang paham akan petunjuk yang telah diberikan-Nya.

4. Balasan Akan Kebaikan

Orang yang bertakwa akan menjalankan sikap srta perilaku yang penuh dengan kebaikan baik dalam hubungannya dengan Allah maupun sesama manusia. Dengan demikian akan banyak kebaikan yang menyertainya baik datang dari sesama manusia maupun dari Allah berupa pahala dan ketenangan hati.

Cara untuk Meningkatkan Iman dan Takwa Kepada Allah SWT

Untuk mengatakan diri takwa tentunya tidak cukup satu titik saja, perlu peningkatan karena ujian tidak akan berjalan lurus. Takwa adalah tentang ikhtiar yang terus diusahakan, bukan perkara mudah namun wajib diperjuangkan, berikut cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT:

1. Mengusahakan untuk Akrab dengan Al-Qur’an

Al Quran sebagai sesuatu yang telah disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW dan juga telah tersampaikan kepada umat tentu saja wajib untuk diakrabi. Bukan sekedar untuk gaya-gayaan tapi juga dipahami dengan baik karena Al Quran lah yang jadi pedoman jalan kebenaran.

2. Memperbaiki Kualitas Shalat

Sholat bukan hanya sekedar untuk penggugur kewajiban karena menjadi suatu keharusan, namun lebih jauh, sholat adalah komunikasi kepada Allah. Begitu banyak doa yang terselip diantara bacaan sholat, maka kekhusukan menjadi kunci untuk mencegah seseorang dari kemungkaran sebagai permohonan seorang hamba.

3. Tidak Gegabah untuk Terlalu Dekat dengan Lingkungan yang Buruk

Menjadi baik tentunya harus meninggalkan yang buruk, termasuk terhadap lingkungan sekitar, bukan dimaksudkan untuk menjadi eksklusif namun ini bentuk penjagaan diri. Maka, jika merasa masih mudah goyah, jangan pernah sesumbar sanggup menghadapi lingkungan yang buruk dan dapat mengubah itu seketika.

4. Berusaha Melihat Dunia Secara Wajar

Sebagai makhluk yang tinggl di dunia tentunya menilai dunia itu penting adalah sesuatu yang wajar, karena yang terlihat adalah dunia. Namun, disinilah ujian bagi orang beriman, menjadikan dunia sebagai jembatan bukan muara akhir kehidupan tentunya butuh penguasaan diri yang kuat.

5. Meng-upgrade Ilmu di Majelis Ilmu

Tentang ilmu, adalah sebuah kebutuhan karena diri belum dimampukan untuk membaca atau menarasikan dengan baik tiap kalam Allah. Maka, mendatangi majelis orang berilmu untuk mengasah ilmu, karena jika paham ilmunya sungguh hidup ini dapat dijalani dengan tenang sesuai ketentuan.

6. Mengikuti Sunnah Rasul

Mengikuti sunnah Rosul adalah kemampuan yang sebenarnya dapat dilakukan seluruh umat, namun pada kenyataannya menyatakan sulit karena beberapa keadaan. Menyandang kata sunnah, menjadikan beberapa orang menggampangkan karena bukan kewajiban, namun ternyata kerugian justru didapatkan karena tidak menjalankan bonus dari Allah.

7. Keep Calm and Stay Istiqomah

Menjalankan syariat adalah sesuatu yang berat, misalnya pada wanita harus menutup auratnya secara total ketika di luar rumah. Gerah dapat menjadi alasan yang menggoda untuk tidak menurutinya, namun seperti halnya surga bukan sesuatu yang murah, maka mendapatkannya memang dibutuhkan perjuangan.

8. Tidak Menyepelekan Perbuatan Maksiat

Beberapa orang cenderung menganggap remeh perbuatan maksiat karena dosa kecil yang umum dilakukan banyak orang seperti berdusta, berghibah dan lain-lain. Padahal menurut Rasullullah SAW maksiat itu ibarat noda di hati, yang jika dibiarkan akan menggelapkan hati dan menutupinya dari cahaya.

9. Bergaul dengan Orang-Orang yang Sholeh

Salah satu cara paling jitu lainnya adalah dengan memilih teman, ya memilih teman itu diperlukan untuk menjaga keimanan. Berteman dengan orng sholeh akan membantu untuk terus berjalan pada koridor yang sesuai dengan syariat karena ada alarm jika mulai berbelok arah.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang kenapa sebaik-baik pakaian adalah taqwa beserta manfaat dan bagaimana cara meningkatkan ketakwaan agar senantiasa istiqomah. Jika semuanya terasa cuma formalitas maka berusahalah untuk terus melembutkan hati dan menerima setiap ilmu yang didapatkan dari sisi agama.

Scroll to Top