Peran Teknologi dalam Persiapan Pernikahan

Pernikahan adalah momen yang sangat istimewa dalam kehidupan seseorang. Persiapan pernikahan membutuhkan waktu, usaha, dan koordinasi yang besar untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar. Namun, dengan kemajuan teknologi, persiapan pernikahan telah menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dalam persiapan pernikahan.

  1. Komunikasi dengan Calon Pasangan

    Seperti keunggulan teknologi seperti ponsel pada umumnya, komunikasi menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi ini, mulai dari sekedar texting, berkirim gambar ataupun video yang mempermudah penjelasan. Tersebab hal inilah, teknologi gawai telepon seluler sering dimanfaatkan dalam proses ta’aruf pasangan.

    Pilihan ini dipilih sebab secara syar’i aman karena perbincangan kedua calon pasangan dapat dilakukan di dalam grup dengan perantara. Selain itu tidak ada pertemuan secara fisik yang dapat meminimalkan khalwat yang menjadi satu ujian tersendiri bagi pasangan yang akan menikah.

    Dan jenis percakapannya pun adalah hal-hal teknis tentang persiapan pernikahan, seperti mempertanyakan sampai dimana proses berkas numpang nikah sudah berjalan. Atau tentang baju yang akan dikenakan saat pernikahan juga dapat dibahas disini, sekaligus janjian untuk fitting dengan tetap memperhatikan adab laki-laki dan perempuan.

    2. Mudah Mengakses Informasi

    Salah satu manfaat terbesar teknologi dalam persiapan pernikahan adalah akses mudah ke informasi vendor yang mendukung. Sebelum era digital, calon pengantin harus mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti majalah pernikahan, buku, atau pengalaman teman-teman langsung yang pernah memakai jasanya.

    Namun, sekarang dengan adanya internet, informasi mengenai segala hal tentang pernikahan dapat dengan mudah diakses hanya dengan beberapa kali klik. Ada banyak situs pernikahan yang menyediakan tips, saran, dan panduan untuk mempersiapkan pernikahan, dari pemilihan tempat pernikahan, desain undangan, dekorasi, hingga menu makanan.

    Karena sifatnya digital, kedua calon pasangan dapat saling merespon dengan mudah ketika memutuskan jasa vendor mana yang akan digunakan. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian tidak menguras tenaga, karena dapat dilakukan di rumah maupun kantor atau saat perjalanan.

    3. Kemudahan Mengatur Jadwal dengan Vendory

    Karena perkembangan digital sekaligus social media saat ini sangat cepat , maka membuat para vendor jasa pernikahan juga mempromosikan bisnis mereka disana. Dengan konsekuensi ini, maka kebutuhan untuk mudah dihubungi calon customer menjadi syarat utama, sehingga tidak aneh selalu ada kontak nomor untuk dihubungi.

    Dengan kontak nomor di aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram maka komunikasi intens dapat terjalin dan terjawab dengan cepat. Kemudahan ini memudahkan kedua pihak untuk mengatur jadwal pertemuan jika sudah cocok atau untuk melihat lebih detil misalnya gaun atau mencicipi makanan.

    Selain itu kemudahan proses pembayaran, penyampaian tenggat waktu dan hal-hal yang bersifat administratif juga dapat dengan cepat diatur di antara keduanya. Kesepakatan-kesepatan semacam ini dapat dilakukan melalui dunia digital namun tetap memperhatikan kewaspadaan kemungkinan kecurangan salah satu pihak.

    4. Menambah Referensi Baju Pengantin

    Salah satu aspek penting dalam persiapan pernikahan adalah pemilihan baju pengantin karena aspek inilah yang banyak mendapatkan perhatian dari tamu undangan. Teknologi juga telah mempermudah proses ini bagi calon pengantin dapat menggunakan internet untuk menjelajahi berbagai desain dan gaya baju pengantin dengan mengetikkan beberapa kata kunci.

    Dalam proses ini banyak di antaranya kemudian terinspirasi dari koleksi terbaru dari desainer ternama melalui situs web, blog mode, atau platform media sosial. Kemudian setelah menemukan desain yang cocok dapat disesuaikan pada proses pembuatannya atau menyewa di vendor baju pengantin yang sekiranya sesuai.

    Selain itu, dengan adanya toko online, pasangan dapat memesan baju pengantin mereka secara online tanpa harus datang ke toko fisik. Proses ini memudahkan dan sangat menghemat waktu namun lebih baiknya fitting baju pengantin harus dilakukan secara langsung untuk menghindari kesalahan.

    5. Dokumentasi Pernikahan

    Sebagai satu moment yang diharapkan menjadi yang pertama dan terakhir, pernikahan tentunya membutuhkan dokumentasi yang menawan dan memberi kesan ketika melihatnya kembali. Dalam hal ini, pelaku bisnis vendor fotografi sangat diuntungkan dengan perkembangan teknologi saat ini, karena secara produk mereka sudah ada di dunia digital.

    Maka, tidak heran banyak pelaku bisnis ini berlomba-lomba untuk menampilkan video atau foto yang terbaik untuk “dipajang” di social media mereka sebagai ajang promosi. Sedangkan bagi calon pengantin, dengan ditampilkan di social media tentunya memudahkan untuk menganalisa apakah sesuai dengan selera dan kebutuhan pribadi dan keluarga.

    Pertimbangan kemudahan penyimpanan data, pengeditan dan membagikannya kepada customer sangat membantu proses sebagai fasilitas pelayanan yang ditawarkan dengan adanya digitalisasi. Selain itu, kesalahan-kesalahan saat teknik pengambilan foto dapat langsung terlihat di kamera, sehingga dapat diulang kembali untuk mendapatkan hasil terbaik.

    6. Membantu Penyebaran Undangan

              Undangan pernikahan selalu identik dengan jumlah yang banyak dan memiliki jarak yang saling berjauhan sehingga seringkali menyulitkan bagi calon pengantin. Karena proses pembuatan undangan serta menuliskan list nama di undangan juga butuh waktu, maka sulit rasanya menyicil untuk mengirimkan undangan, maka tak jarang waktunya menjadi sangat berkejaran.

              Apalagi bagi generasi sekarang, dimana domisili ketika bekerja lebih banyak di luar kota dari saat bersekolah tentu saja mengundang mereka dengan jeda waktu singkat merugikan. Karena yang terundang butuh waktu mengatur waktu untuk datang, kedatangan undangan juga membutuhkan waktu ketika melalui jasa ekspedisi.

    Demikian tadi 6 alasan kenapa peran teknologi dalam persiapan pernikahan sangat dibutuhkan, bukan hanya untuk gaya-gayaan tapi juga memiliki fungsi yang lebih simple. Karena sudah ada banyak hal yang dipikirkan menjelang pernikahan, maka menggunakan teknologi untuk persiapan teknis tentu sangat mengurangi beban pikiran calon pengantin.

    Scroll to Top