Mengapa Memilih Tanggal Pernikahan Itu Penting?

Pernikahan adalah momen yang istimewa dalam hidup pasangan, dan salah satu keputusan penting yang harus diambil adalah memilih tanggal pernikahan yang tepat. Pemilihan tanggal pernikahan bukanlah hal yang sepele, karena memiliki dampak signifikan dalam perencanaan dan pelaksanaan acara pernikahan.

Selain faktor kesiapan hati dan mental, penentuan tanggal ini juga menyangkut pada ilmu yang telah dimiliki. Jika terlah diketahui tanggal tertentu, tentunya calon pengantin akan mengejar ilmu pernikahan dengan berbagai cara, selain itu ada beberapa hal teknis yang sangat berpengaruh pada penentuan tanggal pernikahan sebagai berikut:

  1. Ketersediaan dan Pilihan Vendor

Setiap pasangan tentunya menginginkan pernikahan yang sempurna sesuai dengan harapannya, dan hal ini ditunjang dari berbagai sisi. Apakah itu dari dekorasi, catering, make up, gedung, souvenir, fotografi, acara, baju yang kesemuanya ini dapat dibantu oleh vendor yang menyediakan jasa tersebut.

Pilihan menggunakan vendor tentu tak bisa dihindarkan saat ini, karena rasanya tidak mungkin menangani semua detil pernikahan sendiri tanpa melibatkan jasa professional. Lagipula harga yang ditawarkan pun beragam dan dapat disesuaikan dengan kemampuan dan hasilnya memuaskan tanpa perlu ribet sendiri.

Namun, beberapa vendor idola memang seringkali juga diminati calon pasangan pengantin lain, maka mungkin saja harus lebih dulu booking. Inilah menjadi penting penentuan tanggal pernikahan untuk melakukan lobi-lobi dengan vendor yang diinginkan apalagi jika tanggal yang ditetapkan adalah tanggal “musim nikah”.

  • Cuaca yang Cocok

Melihat tren hari ini, pernikahan tak melulu harus berada di gedung seperti pada umumnya, karena pilihan menikah dengan konsep outdoor juga dapat diambil. Selain outdoor, bagi beberapa daerah menggunakan tenda tambahan sering ditemukan untuk menghemat pendanaan daripada harus menyewa gedung.

Maka, penentuan tanggal pernikahan menjadi sangat penting karena dari sana dapat ditentukan perkiraan musim yang terjadi, jika di Indonesia tentunya pilihannya adalah kemarau atau hujan. Jika musim hujan tentunya jika ingin nekad menggunakan konsep outdoor harus ada risiko yang ditanggung.

Begitu juga dengan musim kemarau, maka perhitungan kebutuhan tempat berteduh untuk tamu, vendor yang membantu dalam suasana panas perlu diperhatikan. Apakah menu yang disajikan juga sesuai, acara terlalu bertele-tele, jangan sampai pernikahan kita diingat karena ketidakmampuan mengayomi tamu undangan dengan baik.

  • Kesesuaian dengan Jadwal Pribadi

Selain pertimbangan kesesuaian dengan vendor dan cuaca, penentuan tanggal pernikahan tentunya paling penting adalah disesuaikan dengan jadwal pribadi. Jadwal ini tentunya harus dibicarakan juga dengan bagaimana kondisi calon pasangan dan keluarga besarnya apakah memberatkan untuk melangsungkan pernikahan di tanggal tersebut.

Biasanya persoalannya ada di jadwal cuti bagi yang bekerja atau keluarga yang berada di luar kota sehingga membutuhkan keluangan waktu untuk menghadiri pernikahan. Karena jika dari luar kota, ketersediaan tiket transport juga harus dihitung apalagi bersamaan dengan hari libur.

Memilih tanggal pernikahan yang sesuai dengan jadwal pribadi pasangan juga penting. Pasangan perlu mempertimbangkan pekerjaan, liburan, atau peristiwa penting lainnya yang mungkin bertabrakan dengan tanggal yang diinginkan. Memilih tanggal yang memungkinkan pasangan dan keluarga terdekat untuk hadir secara penuh dan merencanakan perjalanan dengan baik adalah hal yang penting dalam memastikan kehadiran dan dukungan dari orang-orang terdekat.

  • Arti Simbolis atau Tanggal Cantik

Tanggal pernikahan sering juga dikaitkan dengan makna simbolis di antara kedua pasangan, misal pertemuan pertama atau hari istimewa lainnya. Ada juga yang memilih tanggal cantik di suatu tahun misalnya 2 April 2024 yang jika ditulis 02042024 sehingga mudah diingat.

Arti simbolis ini biasanya juga diterapkan pada sejumlah mahar yang akan diberikan, biasanya dalam wujud mata uang yang mudah dicari. Misalnya tanggal 02042024 maka mahar ditetapkan senilai 2.042.024 rupiah, meski dalam pencariannya pasti tidak mudah menemukan pecahan uang satuan saat ini.

Namun, kenyataannya jika tanggal-tanggal cantik tersebut yang dipilih perlu secepatnya mencari tempat pernikahan karena kemungkinan berebutan dengan calon pengantin yang lain juga besar. Karena tanggal pernikahan yang mudah diingat bisa jadi menjadi salah satu jurus untuk menjaga keharmonisan pasangan demi mengingat perjalanan yang telah dilalui bersama.

  • Memudahkan Perencanaan dan Antisipasi Persiapan

Penentuan tanggal pernikahan tentunya akan sangat berpengaruh pada proses pengurusan dokumen pernikahan di KUA. Karena, proses ini juga tidak bisa sehari jadi, apalagi kedua calon pengantin berdomisili di kota atau provinsi yang berbeda, sehingga salah satu calon harus mengurus surat “numpang nikah”.

Pengurusan dokumen ini membutuhkan beberapa waktu karena harus urut laporan mulai dari RT hingga melengkapi berkas di KUA. Bagi calon pengantin perempuan bahkan harus mendapatkan surat keterangan suntik TT, beberapa pengecekan laboratorium, cek kehamilan dan konsultasi Psikolog dari Puskesmas.

Proses di Puskesmas ini membutuhkan waktu seharian penuh untuk mendapatkan surat keterangan sehingga proses pengurusan dokumen ini butuh waktu beberapa hari. Maka, menetapkan tanggal pernikahan juga harus disesuaikan dengan kemungkinan pengurusan dokumen apakah mencukupi atau tidak apalagi yang dipilih tanggal cantik.

  • Dapat Menyesuaikan dengan Ketersediaan Dana

Penting dari semua persiapan pernikahan adalah ketersediaan dana, apakah itu untuk booking tempat, make up artist, catering, undangan, souvenir dan lain-lain. Karena jarang sekali vendor mau memberikan jasanya tanpa diberikan uang muka terlebih dahulu, paling tidak untuk modal pembelian bahan dasar.

Sehingga penentuan tanggal pernikahan juga sebaiknya disesuaikan dengan adanya dana yang dimiliki, jika sudah memberikan uang muka maka biasanya pelunasan maksimal H-1 acara pernikahan. Akan sangat menyulitkan jika ketersediaan dana dapat dihadirkan terlalu mepet dengan hari pernikahan, karena justru menambah kesetresan calon pengantin.

Dalam kesimpulannya, memilih tanggal pernikahan merupakan hal wajib yang harus segera dipikirkan setelah proses khitbah atau lamaran diselenggarakan. Sebagai wujud persiapan bagi kedua calon pengantin baik secara mental, ilmu dan finansial.

Scroll to Top