9 Hal Ini Harus Siap Sebelum Menikah! Apa Saja?

Salah satu tahapan hidup yang dinantikan banyak orang adalah pernikahan, karena menikah menjadi satu step penting dalam kehidupan setiap orang. Sedemikian penting, sehingga dibutuhkan persiapan matang secara mental dan teknis untuk menuju acara sakral tersebut hingga terwujud pernikahan yang penuh berkah.

Persiapan mental dengan mengikuti banyak kajian pra nikah untuk mengetahui seperti apa perjalanan pernikahan sesungguhnya, bagaimana menjalankan tugas sebagai suami atau istri. Jika dasar mental sudah siap dan mengerti tantangan kehidupan selanjutnya, maka persiapan teknis dapat diperhatikan beberapa detil berikut ini:

  1. Menentukan Tanggal Pernikahan.

Tanggal pernikahan menjadi satu hal penting yang dari awal sejak pertemuan kedua keluarga calon pengantin sudah dibicarakan setelah lamaran diterima. Biasanya akan diambil hari Sabtu, Minggu atau hari libur kerja untuk memudahkan tamu undangan hadir membersamai dan memberikan doa restu.

Penentuan tanggal pernikahan hendaknya didiskusikan dengan baik untuk menghindari keengganan dari salah satu keluarga yang berujung kesalahpahaman. Berbeda jika dari keluarga laki-laki menyatakan kesediaannya untuk mengikuti ketentuan dari keluarga perempuan, hari libur biasanya dipilih dengan asumsi tamu undangan banyak yang bisa datang.

  • Menentukan tempat acara

Selanjutnya adalah penentuan tempat menjadi poin penting selanjutnya, disesuaikan dengan perkiraan tamu yang akan diundang dan konsep acara yang akan diusung. Apabila jumlah yang diundang lebih dari 300 orang biasanya bertempat di gedung atau di depan rumah jika lahannya cukup luas.

Pemilihan ini tentunya juga memperhitungkan kenyamanan tamu undangan, jika acara akan berlangsung hingga siang maka di dalam gedung lebih disarankan. Apabila akan bertempat di taman mengusung konsep garden party pastikan cuaca mendukung dan waktunya tidak terlalu siang sehingga tamu undangan tetap merasa nyaman.

  • Menentukan budget

Perencanaan konsep acara dan jumlah tamu undangan sangat berpengaruh di dalam menentukan biaya pelaksanaan pernikahan, tentukan dengan detil disertai dengan biaya darurat. Biaya yang akan memotong banyak anggaran adalah di bagian konsumsi, maka untuk perhitungan ini pastikan untuk menghitungnya dengan tepat.

Setelah itu biaya gedung, kursi, meja, dekorasi, make up menjadi anggaran penting selanjutnya, dapat juga dipikirkan untuk menggunakan jasa vendor sebagai alternatif. Alternatif ini sangat disarankan karena dengan vendor pembiayaan lebih pasti dibandingkan dikerjakan sendiri yang justru memungkinkan pembengkakan anggaran.

  • Memilih vendor pernikahan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan jasa vendor semakin memudahkan untuk mewujudkan konsep pernikahan yang diinginkan, karena dikerjakan secara profesional. Dengan menggunakan vendor dapat juga mendapatkan saran yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan, karena pihak vendor tentunya lebih berpengalaman di lapangan.

Alasan lainnya tentunya, mengurangi beban pikiran calon pengantin untuk memikirkan detil yang sangat banyak, karena langsung dipikirkan pihak vendor tersebut. Vendor yang biasa membantu dalam pernikahan seperti fotografi, dekorasi, baju pengantin, make up bahkan ada yang bersedia memikirkan semua konsep secara keseluruhan.

  • Memilih Warna Tema Pernikahan

Jika dari awal sudah ditentukan konsep pernikahan, maka menentukan tema menjadi lebih mudah yaitu menyesuaikan warna yang menggambarkan tema tersebut. Misalnya konsep pernikahan mewah, di gedung dan diselenggarakan malam hari, maka menggunakan warna merah, hitam atau gold dapat menjadi pilihan.

Berbeda dengan pernikahan di taman, dapat digunakan warna natural seperti hijau, krem atau putih begitu juga pernikahan di siang hari dapat menggunakan warna pastel untuk dikenakan. Dekorasi dapat dipilih yang kontras agar saat diambil dokumentasinya warnanya tidak mati atau tertutup.

  • Mempersiapkan Undangan Pernikahan

Tahapan selanjutnya adalah membuat undangan pernikahan yang dapat disesuaikan dengan anggaran yang ada, karena fungsinya hanya untuk informasi. Maka, sebenarnya tidak perlu terlalu mewah karena saat acara sudah lewat, undangan tersebut juga akan dibuang oleh penerima undangan.

Justru yang terpenting adalah list daftar tamu undangan yang penting untuk diundang jangan sampai ada yang terlewat dan harus disiapkan jauh-jauh hari. Agar ketika ada susulan tidak terlalu buru-buru untuk menambahkan, sebab persiapan yang banyak sering terlupa tamu undangan yang seharusnya diundang.

  • Memilih Baju Pengantin

Baju pengantin menjadi satu detil yang akan dilihat oleh tamu undangan, maka pastikan memilihnya dengan cermat baik secara kepantasan dan biaya. Pemilihan ini juga hendaknya dilakukan jauh-jauh hari untuk menghindari kepanikan, sehingga ketika sudah mendekati hari H hanya perlu memikirkan detil kecil saja.

Apabila ingin praktis, dapat menyewa baju pengantin sesuai selera dan menyesuaikan dengan konsep yang dipilih atau dapat juga warna tema dapat mengikuti baju yang tersedia. Pastikan baju yang dipilih cukup nyaman untuk berjalan dan sesuai dengan adab daerah setempat.

  • Mempersiapkan Keperluan Pribadi

Mempersiapkan kebutuhan pribadi juga penting dilakukan, apalagi bagi calon pengantin wanita seperti perawatan di salon agar kulit lebih cerah. Make up pun juga sebaiknya disesuaikan dengan selera calon pengantin wanita dan baiknya dilakukan trial make up sebelum hari H untuk menentukan tone shading make up yang terbaik.

  • Menyusun Rundown Acara

Meski rundown acara untuk beberapa konsep pernikahan sesuai adat telah memiliki pakem tersendiri, calon pengantin juga berhak membuat rundown acara sesuai kemauannya. Misalnya rundown saat akad nikah, pengantin wanita baru akan bersanding dengan pengantin pria setelah akad diucapkan.

Dapat juga ditambahkan detil acara yang jarang diadakan, seperti suami mendoakan istri ketika sudah akad sudah sah diucapkan. Atau pengantin menyambut tamu undangan di ujung jalan menuju pelaminan, bukan di atas pelaminan sebagai wujud penghormatan kepada tamu yang hadir.

Dalam persiapan pernikahan, pastikan juga untuk berkoordinasi dengan calon pasangan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Dengan melakukan persiapan yang baik dan matang, pernikahan akan menjadi momen yang berkesan dan penuh berkah jika sesuai dengan aturan syariat.

Scroll to Top