Pilihan Perpaduan Baju Akad Nikah Simple Elegan yang Wajib Tahu!

Akad nikah menjadi satu momen penting dalam hidup seseorang, dengan kesakralannya membuat baju akad nikah simple elegan banyak dicari pengantin. Pasalnya, akad nikah biasanya dihadiri keluarga terdekat dan rata-rata dilaksanakan di masjid, sehingga unsur sederhana dan simple yang banyak dicari.

Selain simple, warna dominan yang menjadi favorit banyak orang adalah warna putih, rata-rata beralasan sesuai dengan kesucian janji pernikahannya. Banyak referensi baju akad bagi muslimah yang digabungkan dengan tudung, tiara atau aksesoris lainnya, beberapa di antaranya dapat disimak berikut ini:

1. Perpaduan Dress Brokat, Kain Dasar Putih dan Tudung dengan Bunga-Bunga Besar

Warna putih masih menjadi favorit yang dipilih untuk digunakan pada acara akad nikah sederhana yang mengundang orang-orang terdekat. Pilihan warna ini sangat dipengaruhi oleh budaya setempat, Indonesia pada umumnya yang menganggap bahwa putih adalah lambing kesucian, seperti sakralnya ijab qobul.

Perpaduan brokat berwarna putih dipadukan dengan kain dasar berwarna putih juga sebagai dalaman gamis menambah kesan cantik nan menawan. Jika gamis brokat dapat dipadukan dengan tudung yang memiliki aplikasi bunga-bunga besar lalu gunakan kerudung abu-abu cerah untuk menampilkan bunga-bunga tersebut.

2. Perpaduan Gaun Manik-manik dengan Tudung Ceruti

Kesan mewahnya gaun tidak hanya datang dari pernak-pernik yang terpasang seperti payet atau berlian, melainkan dapat juga dihadirkan oleh manik-manik. Manik-manik yang dapat dirangkai menjadi bentuk bunga yang besar dapat menjadi spot penting pada sebuah gaun, kemudian roknya dibiarkan polos.

Namun, rok dapat dibuat model plisket besar agar tampak berbeda dengan potongan A-Line agar tetap tampak ramping bagi pengantin berpinggul besar. Dengan detil gaun bermanik-manik dan rok plisket cukup dilengkapi tudung ceruti polos agar tidak terlalu terkesan penuh dan ramai.

3. Perpaduan Gaun Putih, Penutup Dada Brokat, Cadar dan Tiara

Bagi muslimah yang menggunakan cadar dan ingin mencari warna selain putih untuk dress akad nikah dapat menggunakan warna putih tulang. Pilihan gaun dapat menggunakan motif simple, karena dapat ditambahkan penutup dada full brokat jika kerudung yang dipilih tidak terlalu besar.

Untuk cadar dapat dipilih warna yang senada dengan motif polos agar tidak terlalu mencolok, dapat juga ditambahkan tiara untuk mempertegas tampilan. Tiara digunakan apabila tudung yang digunakan tidak terlalu banyak aksen, apabila tudung sudah cukup ramai dapat diabaikan penggunaan tiaranya.

4. Perpaduan Dress Brokat, Manset Kontras dan Tudung Berwarna Senada

Jika pada kebanyakan akad nikah menggunakan warna putih sebagai lambang terucapnya janji suci, referensi berikut juga menggunakan gaun putih sebagai luaran. Namun, manset yang digunakan sebagai dalaman justru berwarna kontras, yaitu abu-abu soft elegan sehingga menampilkan komposisi warna yang menarik.

Perpaduan warna yang tidak hanya berkisar di warna putih namun juga berwarna abu sebagai poin penting pembeda untuk diingat. Dilengkapi dengan tudung berwarna senada dengan gaun tanpa aksesoris berlebihan seperti mahkota karena pada bagian kepala sudah terdapat aplikasi bunga besar.

5. Perpaduan Gamis Kebaya, Headpiece Bunga dan Tudung Tipis

Coklat muda atau abu-abu muda dapat juga menjadi pilihan warna untuk digunakan sebagai gaun akad nikah simple namun tetap menawan. Apalagi jika gaun yang dikenakan adalah bahan kebaya namun dikombinasikan sehingga berbentuk gamis panjang nan cantik, dilengkapi dengan headpiece bunga.

Headpiece berbentuk bunga menampilkan aksen manis tapi tidak berlebihan karena akan menutup kesan kebaya yang sudah khas dan otentik. Dilengkapi dengan tudung tipis panjang sepanjang gamis yang brmotif polos dan berwarna senada dengan kebaya, tampilan sederhana untuk pakaian akad pernikahan.

6. PerpaduanĀ  Gaun Putih dengan Lengan Balon, Mahkota Kecil dan Tudung

Bosan dengan baju akad nikah muslim berwarna putih dan gitu aja modelnya? Pilihan gaun dengan lengan model balon bisa jadi referensi. Ya, lengan balon adalah pada bagian siku sampai pergelangan tangan dibuat mengembang untuk memberikan efek yang berbeda daripada umumnya.

Karena pada bagian lengan sudah mencuri perhatian, maka penggunaan mahkota dapat digunakan yang berukuran kecil untuk menyeimbangkan penampilan pengantin. Selain itu tudung berwarna senada sepanjang gamis dengan aksen manik manik kecil untuk menambah warna pada gaun agar tampak lebih megah.

7. Perpaduan Gaun Putih, Tiara Setengah Lingkar Kepala dan Bros Pada Pundak

Tidak melulu hanya bermain dengan tudung, referensi baju akad nikah dapat juga digabungkan dengan kerudung dengan bros bunga besar pada pundak. Kerudung dibuat menutup dada dengan belahan pada satu sisi pundak disertai kain panjang yang menjuntai dari pundak sampai ujung kaki.

Jika biasanya headpiece yang digunakan melingkar penuh pada kepala, maka headpiece ini digunakan setengah lingkar kepala saja menampilkan kesan dinamis. Dapat juga ditambah bunga melati yang dirangkai menjuntai dari satu sisi belakang telinga, selain wangi kesan Jawa klasik juga terlihat.

8. Perpaduan Gaun Coklat Muda, Tudung Mutiara dan Brokat Pada Kepala

Gaun coklat muda tidak mengurangi kesakralan akad nikah, dibalut dengan tudung yang di pinggirnya berhiaskan mutiara dan detil sulur tanaman. Dengan brokat penuh di kepala tidak lagi memerlukan tiara dan ujung lengan yang disematkan kumpulan manik-manik emas semakin menambah estetika.

Itulah berbagai pilihan baju akad yang simple dan elegan serta sesuai aturan bagi muslimah yang akan menuju hari bersejarahnya. Berbagai pilihan baju akad dapat ditemukan di @gaunsyarijogja dengan berbagai warna pastel nan cantik yang siap menemani cerita perjalanan ibadahmu.

Scroll to Top