Cara Memilih Gaun Pengantin Muslimah Biar Gak Salah Kostum

Terlihat cantik dan istimewa saat hari pernikahan merupakan impian bagi semua wanita, termasuk juga bagi muslimah yang mengenakan hijab. Kini berbagai gaun untuk pengantin muslimah banyak ditawarkan dengan berbagai pilihan model dan warnanya disertai aksesoris pendukung yang menambah kesan megah.

Pilihan untuk menyewa atau membuat sendiri gaun pengantinnya memiliki keuntungannya sendiri-sendiri, jika membuat sendiri tentunya ukurannya sesuai dengan tubuh. Namun jika menyewa, biaya lebih sedikit dan tidak perlu menyimpan gaun tersebut, nah berikut tips untuk memilih gaun pengantin bagi muslimah:

1.      Pilih Model Tertutup

Sesuatu yang harus menjadi pertimbangan awal dalam pemilihan gaun pengantin muslimah adalah model yang menutup aurat sebagai salah satu pemenuhan standar. Standar yang dimaksud adalah sesuai kaidah syariat, sehingga pernikahan menjadi sesuatu yang penuh keberkahan dan tidak menyalahi perintah Allah.

Karena beberapa berpendapat pernikahan adalah sekali seumur hidup, maka menyalahi aturan tidaklah mengapa untuk moment sekali ini demi mengikuti pakem. Padahal setiap unsur pernikahan dalam setiap rangkaiannya memiliki doa panjang untuk setiap langkah ke depannya yang tentunya membutuhkan pertolongan Allah.

2. Pilih Gaun yang Bahannya Nyaman

Pemilihan bahan gaun yang akan dikenakan tak kalah penting untuk menjadi salah satu yang harus dipikirkan calon pengantin di hari bahagianya. Penggunaan gaun tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama menyesuaikan dengan adat setempat seperti beberapa daerah dapat lebih dari 4 jam.

Pemilihan bahan juga menyesuaikan dengan kondisi kulit apakah memiliki alergi terhadap bahan tertentu, karena pasti akan berkeringat gunakan bahan yang menyerap keringat. Jika pilihan ini sulit ditemukan, gunakan kain sutra, satin yang relatif lebih halus namun masih menampakkan kesan glamour.

3. Pilih Gaun yang Gampang Digunakan

Gaun yang mudah dikenakan perlu menjadi pertimbangan dengan melihat kondisi, misalnya panggung yang tinggi maka jangan kenakan gaun dengan rok sempit. Karena khawatir dengan kondisi yang terburu-buru justru menyebabkan kecelakaan seperti tersangkutsaat menaiki tangga, maka pilih gaun dengan rok lebar.

Gaun dengan rok lebar identik dengan tren baju pengantin hijab modern saat ini, selain menutup aurat juga memudahkan saat berjalan. Karena sebagai pengantin sudah terlalu banyak detil kecil yang menganggu pikiran sehingga rasanya memikirkan cara melangkah sudah tidak perlu lagi.

4. Pilih Gaun dengan Pahami Bentuk Tubuh

Selanjutnya pemilihan gaun berdasarkan bentuk tubuh berguna untuk mengoptimalkan tampilan agar lebih sesuai dan terasa tepat menutupi kekurangan. Pada umumnya tubuh wanita dibagi menjadi 3 tipe yang dapat menjadi pedoman untuk memilih gaun dengan model yang tepat seperti berikut:

  • Apel. Pada pengantin dengan analogi bentuk seperti buah apel ini, pilih gaun dengan yang memiliki sambungan pada bagian ulu hati untuk memberikan kesan tinggi sekaligus ramping.
  • Pir. Pengantin dengan bentuk tubuh ini memiliki pinggang yang ideal namun bagian kaki dan pahan sedikit besar, sehingga penggunaan gaun dengan ball gown yaitu rok mengembang mampu untuk menutupinya.
  • Jam Pasir. Bentuk tubuh ini relatif aman memilih gaun model apa pun, namun sangat tepat jika menggunakan model mermaid yang dari pinggang sedikit mengecil lalu mengembang kembali di bagian kaki.

5. Pilih Gaun dengan Warna yang Tepat

Pemilihan warna gaun sebenarnya menyesuaikan dengan selera dan konsep yang ada, namun ada trik untuk mendapatkan beberapa kesan. Pada tubuh mungil dapat memilih warna-warna cerah untuk mengesankan tubuh lebih jenjang, sedangkan warna gelap cocok untuk tubuh berisi yang mengesankan ramping.

Beberapa pengantin cenderung menyukai warna-warna netral seperti putih untuk kesan suci dan sakral yang identik dengan sakralnya pernikahan. Meski demikian tidak ada pakem yang mewajibkan penggunaan warna putih pada pernikahan, warna-warna seperti dusty pink, tosca, gold juga memberikan kesan dinamis.

6. Pilih Hijab yang Sesuai dengan Gaun

Bagi muslimah, hijab menjadi sesuatu yang harus dipikirkan untuk dikenakan saat pernikahan selain gaun, karena sifatnya bukan hanya aksesoris namun mengikuti syariat. Sebagai suatu kebutuhan yang bukan hanya aksesoris semata, hijab juga perlu memenuhi syarat khusus seperti harus menutup dada.

Contohnya pada akun instagram dengan alamat @gaunsyarijogja sebagai salah satu jasa sewa gaun Jogja, gaun telah dilengkapi dengan hijab berwarna senada. Biasanya bahan yang digunakan berupa kain organza atau satin dengan warna polos yang mudah dibentuk mengikuti bentuk muka pengantin.

7. Pilih Aksesoris Pendukung

Penyempurna penampilan seorang pengantin dapat menggunakan aksesoris yang dikenakan pada bagian kepala, seperti mahkota, headpiece atau gliter cantik pada hijab. Selain itu dapat juga menggunakan veil transparan yang menjuntai panjang di atas hijab polos untuk menambah kesan istimewa serta elegan.

Penambahan sarung tangan renda berwarna senada nan cantik untuk menutupi tangan juga dapat menjadi pilihan atau menggunakan hienna untuk mempercantik tangan. Bagi yang menggunakan cadar dapat menggunakan cadar motif polos berwarna senada dengan bahan ringan yang tidak menerawang seperti satin.

8. Sesuaikan dengan Budget

Beberapa pilihan di atas adalah menyesuaikan dengan selera pribadi, maka tips yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kesesuaian dengan budget yang dimiliki. Apabila berada di luar kota Jogja, @gaunsyarijogja juga menerima penyewaan dengan kirim luar kota dengan biaya yang mudah dijangkau.

Jadi, pastikan hari bahagia itu bukan sekedar senang-senang untuk sehari saja, karena menikah adalah untuk meraih keberkahan pastikan itu sesuai aturan-Nya. Maka, pilihlah vendor yang mendukung usaha meraih keberkahan itu bersama @gaunsyarijogja dengan alamat Jl. Ring Road Utara, no.268, Gorongan, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Leave a Comment